Sabtu, 10 September 2016

Jenis Makanan Sehat Yang Dapat Perparah Bau Badan

Jenis makanan sehat yang dapat perparah bau badan -, Apakah anda salah seorang yang memiliki badan berbau tidak sedap ? nah, secara tidak sadar bau badan anda salah satunya bisa di sebabkan dengan asupan makanan yang memang sehat namun dapat memperparah bau badan tanpa sepengetahuan kita. Tahukah anda makanan apa yang dapat menimbulkan bau badan tidak sedap ? pada halaman berikut ini akan kami rangkum jenis makanan sehat yang dapat perparah bau badan. 

Inilah sepintas tentang bau badan menurut pengertian para ahli :

Seperti yang kita tahu, bau badan tak hanya membuat kesal dan kurang nyaman saja. Lebih jauh, bau badan yang tidak sedap juga sering kali membuat kita merasa kurang percaya diri, kurang santai dan kurang mengesankan di hadapan orang lain. Tidak jarang, karena bau badan orang di sekitar pun merasa risih dan kurang nyaman dengan kita.

Bau badan atau dalam istilah medis dikenal sebagai bromhidrosis adalah bau tidak enak yang terjadi saat Anda berkeringat. Keringat sebenarnya tidak berbau. Bau apek dihasilkan oleh bakteri pada kulit yang memecah keringat menjadi asam. Ada sekitar 3-4 juta kelenjar keringat pada tubuh manusia yang terbagi menjadi 2 yaitu kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin.

Penyebab bau badan


Keringat yang diproduksi oleh kelenjar ekrin biasanya tidak berbau. Namun bau dapat muncul jika bakteri dalam jumlah banyak mengurainya. Bau badan tidak enak juga dapat muncul jika Anda mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu seperti bawang putih, rempah-rempah, alkohol, serta beberapa jenis obat seperti antidepresan.

Apokrin adalah kelenjar utama yang bertanggung jawab menjadi penyebab bau badan. Keringat yang dihasilkan oleh kelenjar apokrin mengandung protein tingkat tinggi yang yang disukai oleh bakteri. Orang yang memiliki keringat berlebihan dari kelenjar apokrin atau memiliki banyak bakteri pada kulitnya cenderung memiliki bau badan yang lebih buruk.

Pada masa pubertas kelenjar keringat apokrin akan tumbuh. Laki-laki cenderung lebih mudah memiliki bau badan karena cenderung berkeringat lebih banyak daripada wanita. Hal-hal yang bisa membuat bau badan menjadi lebih parah bila anda memiliki kelebihan berat badan, makan makanan pedas atau yang kaya rempah, serta memiliki kondisi medis tertentu seperti diabetes.

Namun selain itu juga ada beberapa bahan makanan yang menjadi penyebab memperparah kondisi bau badan, makanan seperti apa yang menimbulkan rasa kurang percaya diri akibat bau badan ? Dilansir dari mensfitness, sabtu (10/9/2016), berikut adalah beberapa makanan yang dapat menyebabkan bau tidak sedap:



-Daging merah

Walaupun mungkin rasanya lezat, namun makanan ini dikenal dapat mempersingkat umur, membuat Anda lebih lapar dalam jangka panjang, dan membuat bau badan kurang sedap walaupun hanya sementara.

Menurut Jailman, porsi besar daging merah sulit dicerna, sehingga meninggalkan residu di tubuh. Ketika residu dilepaskan melalui keringat dan bercampur dengan bakteri, akan mengintensifkan bau badan Anda.

-Asparagus

Asparagus sangat dikenal dapat membuat urin berbau busuk, namun hal ini hanya terjadi pada beberapa orang, “tergantung jika Anda memiliki gennya. Jika Anda memilikinya, maka Anda mencerna mercaptan (sebuah gas yang berbau tidak enak) di dalam asparagus,” jelas Jailman.

-Ikan

Ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda karena memiliki lemak baik yang bagus untuk diet. Namun ikan juga mengandung kolin yang memberikan bau amis yang kuat ketika dikonsumsi, sehingga akan memberikan aroma tubuh yang kurang enak.

Beberapa orang tidak memetabolisme daging ikan secara benar, sehingga mereka mengembangkan bau badan yang amis karena melepaskan senyawa trimetilamin melalui keringatnya. Ini merupakan kelainan genetik yang diwariskan, yang disebut trimethylaminuria,” ujarnya.

-Makanan pedas

Jika Anda ingin menambahkan bahan-bahan pedas ke dalam makanan seperti bawang putih, bawang merah, atau kari, sebisa mungkin pakai sedikit saja. Bahan-bahan pedas tersebut kaya akan sulfur dan secara alami memberikan bau yang tidak enak pada keringat dan nafas Anda. Namun jangan tidak memakannya sama sekali, karena makanan pedas sangat bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh. 

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai jenis makanan sehat yang dapat perparah bau badan, semoga informasi yang kami sajikan ini bermanfaat untuk anda semua khususnya bagi anda yang memiliki tubuh bau tidak sedap , lebih baik hindari beberapa jenis makanan sehat seperti di atas tadi demi mengurangi efek bau badan.

Jenis Makanan Sehat Yang Dapat Perparah Bau Badan


0 komentar:

Posting Komentar